Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang - Navigasi News
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang

Kadispora Kabupaten Pesisir Barat, Eksir Abadi (54), telah jatuh sebagai korban praktik penipuan oleh seorang dukun pengganda uang di Lampung pada tanggal 9 Agustus 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang


Pada permulaan, Eksir Abadi disambangi oleh seorang individu yang mengklaim memiliki kemampuan sebagai dukun pengganda uang. Dengan syarat yang harus dipenuhi oleh Eksir Abadi, individu tersebut menyatakan mampu melipatgandakan jumlah uang miliknya.

Terbuai oleh janji menarik dari sang dukun, Eksir Abadi kemudian memberikan sejumlah dana senilai Rp73,5 juta kepada individu tersebut. Tindakan ini pun dilakukan tanpa curiga. Namun, sesudah uang tersebut diserahkan, individu tersebut menghilang tanpa jejak.

Setelah menyadari bahwa ia telah menjadi korban penipuan, Eksir Abadi melaporkan insiden ini kepada pihak kepolisian setempat di Polsek Pesisir Tengah. Menyusul penerimaan laporan tersebut, penegak hukum mengambil langkah penyelidikan yang akhirnya berhasil mengamankan pelaku penipuan.

Sang pelaku, HS (34), seorang penduduk Desa Kalicita, Kecamatan Kotabumi Utara, Lampung Utara, telah mengakui bahwa ia dengan sengaja membohongi Eksir Abadi dengan modus penggandaan uang.

Selanjutnya, HS menjelaskan bahwa ide untuk menipu Eksir Abadi berasal dari informasi yang ditemukannya di internet, di mana banyak orang telah menjadi korban praktik serupa oleh dukun pengganda uang.

Pretasi HS melibatkan berperan sebagai seorang dukun pengganda uang yang kemudian mendatangi kediaman Eksir Abadi. Berpura-pura memiliki kemampuan khusus, HS mengecoh Eksir Abadi dengan janji menggandakan uangnya, namun dengan prasyarat pengorbanan sejumlah uang tertentu.

Berpengaruh oleh tawaran menjanjikan sang dukun, Eksir Abadi akhirnya menyerahkan dana sebesar Rp73,5 juta kepada HS. Tetapi, begitu transaksi ini diselesaikan, HS menghilang dan tidak pernah kembali.

Setelah menyadari bahwa dirinya telah dikelabui, Eksir Abadi segera melaporkan peristiwa ini kepada Polsek Pesisir Tengah. Pihak penegak hukum yang menerima laporan ini kemudian bergerak untuk melakukan investigasi dan berhasil menangkap pelaku penipuan.

Pelaku penipuan, HS, kini berada dalam tahanan di Polsek Pesisir Tengah untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang


Pihak kepolisian mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap modus penipuan yang mengklaim kemampuan penggandaan uang. Pihak berwajib menegaskan bahwa konsep penggandaan uang adalah tidak beralasan dan seyogyanya tidak dipercayai. Ketika ada tawaran mengenai penggandaan uang, hal tersebut hanyalah jebakan penipuan.

Selain itu, masyarakat diingatkan agar tidak mudah terpengaruh oleh janji uang yang diperoleh dengan cara instan. Saat ada tawaran yang terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, hal itu seharusnya dianggap sebagai upaya penipuan yang merugikan.

Posting Komentar untuk "Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Barat Tertipu Dukun Pengganda Uang"