Polres Lampung Utara Evakuasi Korban Kecelakaan Kereta Api Dengan Mobil - Navigasi News
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polres Lampung Utara Evakuasi Korban Kecelakaan Kereta Api Dengan Mobil

Navigasi News - Lampung Utara : Petugas dari Sat Lantas Polres Lampung Utara mengevakuasi korban kecelakaan tabrakan antara Kereta Api dengan mobil di pintu perlintasan Desa Abung Jayo Kecamatan Abung Selatan Lampung Utara yang mengakibatkan tiga orang korban meninggal di tempat, Selasa (5/12/23).

Polres Lampung Utara Evakuasi Korban Kecelakaan Kereta Api Dengan Mobil
Polres Lampung Utara Evakuasi Korban Kecelakaan Kereta Api Dengan Mobil


Ketiga korban Kecelakaan tersebut yakni, DS ( 36) warga Jl Jeruk Gg. Manis Kelurahan Kelapa Tujuh, HS (49) warga Jl Jeruk Gg. Manis Kelurahan Kelapa Tujuh dan NH ( 38) warga Dusun Mulyosari Desa Wonosari Kecamatan Gunung sugih Kabupaten Lampung Tengah.

Kapolres Lampung Utara AKBP Teddy Rachesna, S.H., S.I.K., M.Si. menjelaskan, kecelakaan tersebut terjadi selasa 5 Desember 2023 sekira pukul 17.46 Wib antara Kereta Api Kuala Stabas dari Palembang dengan tujuan Tanjung Karang, pada saat melintasi Perlintasan Kereta Api Desa Abung Jayo terdapat mobil Sedan Timor warna Hijau dengan No Pol: BE 1216 JA menyebrang perlintasan Kereta Api tanpa palang pintu seketika tertabrak Kereta sehingga mobil sedan terseret sekitar 541 meter.

“Dari kejadian tersebut mengakibatkan pengendara dan penumpang mobil Sedan tersebut berjumlah 3 orang laki laki meninggal dunia di tempat”, Kata AKBP Teddy, Selasa malam saat berada di TKP.

Setelah menerima laporan kejadian lanjut Kapolres, petugas dari unit Laka Lantas Polres Lampung Utara langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan evakuasi olah TKP.

“Petugas kepolisian dibantu unit Polsuska dan warga sempat kesulitan mengevakuasi tiga jenazah korban meninggal setelah tertabrak kereta. Sementara itu tiga jenazah telah dievakuasi menuju ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ryacudu untuk dilakukan visum”, ujar Kapolres AKBP Teddy.(*)

Analisa Kecelakaan Kereta Api dengan Mobil di Lampung Utara


Kecelakaan kereta api dengan mobil yang terjadi di Desa Abung Jayo, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara pada tanggal 5 Desember 2023 mengakibatkan tiga orang meninggal dunia. Kecelakaan tersebut terjadi antara Kereta Api Kuala Stabas dari Palembang dengan tujuan Tanjung Karang dengan mobil sedan Timor warna hijau dengan nomor polisi BE 1216 JA.

Berdasarkan informasi dari kepolisian, kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 17.46 WIB. Saat itu, kereta api Kuala Stabas sedang melintasi perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Desa Abung Jayo. Pada saat bersamaan, mobil sedan Timor warna hijau yang dikendarai oleh DS (36) warga Jalan Jeruk Gang Manis, Kelurahan Kelapa Tujuh, Kabupaten Lampung Utara, melintasi perlintasan tersebut. Mobil sedan tersebut tidak dapat menghindari tabrakan dengan kereta api dan terseret sejauh 541 meter.

Akibat kecelakaan tersebut, ketiga penumpang mobil sedan, yaitu DS (36), HS (49), dan NH (38), meninggal dunia di tempat.

Faktor Penyebab Kecelakaan


Berdasarkan informasi dari kepolisian, kecelakaan tersebut disebabkan oleh kelalaian pengemudi mobil sedan. Pengemudi mobil sedan diduga tidak memperhatikan sinyal kereta api dan tidak memberikan prioritas kepada perjalanan kereta api.

Selain itu, kondisi perlintasan kereta api tanpa palang pintu juga menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan tersebut. Perlintasan kereta api tanpa palang pintu memang rawan terjadi kecelakaan karena tidak ada peringatan yang jelas bagi pengguna jalan.

Rekomendasi


Untuk mencegah terjadinya kecelakaan serupa di masa mendatang, perlu dilakukan upaya-upaya berikut:

* Pengemudi kendaraan harus lebih berhati-hati dan waspada saat melintasi perlintasan kereta api, terutama perlintasan kereta api tanpa palang pintu.

* Pemerintah perlu meningkatkan pengawasan dan penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas di perlintasan kereta api.

* Pemerintah juga perlu melakukan pembangunan perlintasan kereta api yang dilengkapi dengan palang pintu dan sinyal kereta api.

Kesimpulan


Kecelakaan kereta api dengan mobil di Lampung Utara merupakan sebuah tragedi yang sangat disayangkan. Kecelakaan tersebut mengingatkan kita semua akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, terutama saat melintasi perlintasan kereta api.

Posting Komentar untuk "Polres Lampung Utara Evakuasi Korban Kecelakaan Kereta Api Dengan Mobil"

close